Pulau Derawan

Pulau Derawan adalah surga tropis yang sempurna. Suasana di sini hangat dengan pemandangan pantai pasir halus, pohon-pohon palem bergoyang putih, murni berubah warna laut dari hijau menjadi biru tua. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung dan barakuda, ubur-ubur tidak menyengat. Shark Derawan di sini merupakan salah satu keanekaragaman hayati dunia. Tidak mengherankan, pulau Derawan dikenal sebagai menyelam terbaik di dunia.


Terletak tak jauh dari daratan Kalimantan Timur di Berau, Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dan yang paling terkenal adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, Kakaban dan. Di sinilah penyu hijau peternakan langka dan berbahaya, serta penyu sisik. Anda dapat menonton penyu bertelur setiap hari di pasir atau berenang ke laut dengan kura-kura. Seluruh kawasan konservasi laut adalah sejauh tidak kurang dari 1,27 juta hektar.




Di sini Anda dapat menemukan 460 jenis karang dan menempati posisi kedua setelah Raja Ampat di Papua Barat. Dewan konserfasi tempat dan tim ahli internasional juga menemukan lebih dari 870 spesies ikan di sini, mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa hari, kelompok ikan pari dalam jumlah besar sekitar 50 terlihat makan bersama di perairan Derawan.

Sementara di Pulau Kakaban, Anda dapat menemukan ubur-ubur danau terbesar dan paling beragam di dunia, termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless dapat berenang terbalik. Ini adalah alasan mengapa Kakaban dianggap sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO nominasi.

0 comments:

Post a Comment

Labels

Recent Post